Indonesia Harus Tiru Jepang

| Sunday, May 9, 2010

Jakarta-Bagi anda yang akan berkunjung ke kota Kyoto dan Nara di Jepang jangan heran melihat mobil kecil yang disampingnya ada kipas raksasanya. Ya, mobil ini adalah mobil listrik yang dioperasikan oleh beberapa perusahaan di Jepang untuk turis-turis yang ingin menikmati tempat-tempat wisata disana.

Meski belum diberikan nama resmi, mobil roda tiga ini mirip dengan bajaj yang dijadikan sebagai angkutan umum di kota Jakarta. Di bagian kiri dan kanan terdapat kipas tradisional Jepang, washi.

Mobil ini menggunakan baterai ion lithium dapat dengan mudah diisi ulang menggunakan outlet di rumah. Mobi ini mampu mencapai kecepatan maksimum 40km per jam. Biaya produksi mobil ini adalah 2,3 juta yen atau sekitar Rp 232 juta.

Kendaraan ini akan diproduksi secara built-to-order oleh empat perusahaan kecil. Pabrik mobil ini akan tetap berusaha untuk menurunkan biaya produksi ini menjadi kurang dari 1 juta yen atau sekitar Rp 101 juta.

Suatu keuntungan besar untuk pariwisata Jepang. Kendaraan ini pastinya menarik perhatian wisatawan. Coba Indonesia punya seperti ini, pastinya target kunjungan wisman 7 juta orang tahun ini.

0 comments:

Post a Comment